Sepertinya memang negara-negara di dunia ini berlomba-lomba untuk menggunakan energi terbarukan. Kesadaran akan isu lingkungan yang kian perlu diperhatikan dan mencari jalan keluarnya tentang masalah ini, membuat salah satu negara yaitu Skotlandia mencanangkan target pengembangan energi terbarukan. 

Energi terbarukan Skotlandia untuk paruh pertama tahun 2012 adalah 12,8 persen lebih tinggi untuk periode yang sama pada tahun 2011, tercatat sekitar 806GWh. Angka tersebut dikeluarkan oleh Departemen Energi dan Perubahan Iklim.  Angka-angka itu juga menunjukkan kapasitas terpasang pada akhir kuartal kedua untuk 2012 naik sebesar 18,6 persen pada tahun sebelumnya, pada 5453 MW.

Menurut Menteri Energi Skotlandia, Fergus Ewing mengatakan, “Statistik ini menunjukkan sekali lagi bahwa Skotlandia memimpin dunia dalam pembangkit energi terbarukan,”ungkap Ewing.

Pembangkit listrik terbarukan untuk paruh pertama tahun 2012 adalah hampir 13 persen pada jumlah yang dihasilkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Setara dengan 147.000 rumah tambahan dapat dijalankan selama satu tahun dengan listrik tambahan yang diproduksi dalam enam bulan saja, dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2011.

“Pemerintah Skotlandia memiliki target yang ambisius, tetapi dapat tercapai menghasilkan setara dengan 100 persen listrik dari sumber terbarukan pada tahun 2020, serta lebih dari sumber lain, dan kami bertekad untuk memastikan masyarakat di seluruh Skotlandia menuai manfaat dari energi terbarukan,” ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa Skotlandia memiliki sumber daya energi terbarukan yang luar biasa dan besar, dengan kurang lebih seperempat dari angin Eropa dan energi pasang surut dan sepuluh persen dari tenaga ombak. 

“Kita memiliki tanggung jawab untuk memastikan bangsa kita merebut kesempatan ini untuk menciptakan puluhan ribu pekerjaan baru dan miliaran aman pound investasi dalam perekonomian kita,” tutupnya.