Jika saatnya tiba, maka mobil-mobil bambu mungkin akan berseliweran di jalan-jalan. Desain produknya cukup manis dipandang. Kenneth Colonque , desainer Filipina dan Albercht Birkner, desainer Jerman, telah mengembangkan desain mobil bambunya dengan sangat meyakinkan, walaupun masih diperlukan penyempurnaan. Lihat saja komposisi bahan baku mobil itu yang terdiri dari bambu, rotan, baja dan nilon. Cukup unik bukan? Dengan menggunakan ketrampilan yang tinggi mereka mampu menyelesaikan dalam sepuluh hari.

Mobil bamboo Phoenix ini didesain terutama untuk biodegradable, sehingga dapat diproduksi lebih murah dan diperbarui kembali dibanding mobil-mobil konvensional. Proyek ini berupaya untuk menyingkap masa depan “yang menggunakan kendaraan-kendaraan hijau” yang menggunakan kulit-kulit tenunan dari pasangan serabut-serabut organik untuk menyusun dan menggabungkan material-material yang didorong kekuatannya oeh teknologi hijau.

Ada sesuatu yang menarik untuk direnungkan, bahwa desain otomotif modern tidak harus didasarkan pada cara-cara produksi industrial, seperti halnya konsep sepeda bambu “Ajiro”, yang juga bukan buatan pabrik. Kita lihat saja, material-material bambu sangat mudah ditumbuhkan di desa-desa, kebun-kebun, dan area-area tanah yang kosong terbengkalai.

Namun , tak kalah penting untuk diperhitungkan dalam kaitan dengan mobil bambu Phoenix adalah tentang keselamatan di jalanan, terutama dalam penggunaan tenaga listrik, rentang kehidupan desain mobil (biasanya di sekitar lima tahun), dan berapa lama akan didistribusikan serta didaur ulang dalam skala yang lebih besar.

Memang benar, bahwa anugerah yang diberikan kepada umat manusia, melalui sumber daya alam yang tersedia, selalu saja menimbulkan inspirasi-inpirasi, ide-ide dan daya cipta yang mempesonakan. Hanya manusia harus ingat bahwa sumber-sumber daya tidak seharusnya dikuras habis yang menimbulkan kehancuran ekosistem dan lingkungan hidup. Mulai saat ini manusia seharusnya menerapkan dan memprediksikan penggunaan sumber-sumber daya alam yang bisa didaur ulang dan diperbarui kembali.