Berdasarkan sebuah riset, Google akan memimpin semua kategori untuk iklan online termasuk pencarian dan mobile. Diprediksikan oleh perusahaan eMarketer Google akan mendapatkan pendapatan sekitar USD2,31 miliar atau setara dengan 15,4 persen dari pasar di 2012. Artinya perusahaan besutan Larry dan Sergey ini menjadi pemimpin pasar untuk iklan online.

Karena itu tidak bisa dibantah lagi bahwa Google akan menyalip Facebook dalam iklan tampilan online, setelah jaringan sosial itu mencopot pemimpin lama Yahoo! pada tahun lalu, kata eMarketer. Hal ini berarti Google sekarang memegang pangsa lebih besar dari perusahaan lain di setiap pasar iklan pada mesin pencarian, display, dan mobile AS.

Laporan itu menyebutkan bahwa Google pendapatan iklan Google akan melejit hingga 38 persen dari tampilan iklan online tahun ini. Sementara perusahaan Mark Zuckenberg ini, menurut konsultan, akan mendapatkan USD2,16 miliar dalam pendapatan iklan display tahun ini, naik 24,4 persen dari tahun lalu. Pangsa Facebook akan menjadi 14,4 persen. 

Sedangkan Yahoo! diprediksikan pangsa pasarnya akan jatuh 9,3 persen tahun ini dari 11 persen tahun lalu dan 14 persen pada 2010. Sebab, dilihat dari pendapatannya hampir datar untuk iklan display. Perkiraan eMarketer mengatakan, secara keseluruhan pasar iklan display AS akan tumbuh 21,5 persen menjadi 14,98 miliar dolar AS dari 12,33 miliar dolar AS pada 2011, dibantu oleh pertumbuhan mobile; dan meningkatkan pertumbuhan belanja iklan video digital, terutama pada YouTube yang dimiliki Google.