Apabila anda adalah pasien di Rhode Island’s Steere House and Rehabilitation Center, ada satu pengunjung yang anda tidak inginkan untuk berhenti di dekat tempat tidur anda. Ia adalah seekor kucing putih berloreng hitam yang bernama Oscar. Hal itu bukan disebabkan karena tidak bersahabat, tetapi karena menurut dokter yang bekerja di sana, David Dosa, Oscar memiliki kekuatan misterius, karena dapat memprediksi pasien mana yang akan mati.

Oscar sering terlihat berkeliling di sekitar bangunan itu, dan kadang-kadang berhenti sejenak untuk melihat pasien-pasien saat menjelang kematian. Kejadian yang cukup mengherankan para staf dan perawat, dapat disimpulkan bahwa Oscar dapat memprediksi pasien yang akan mengalami kematian.

Dr. David Dosa menuliskan pengamatan ini dalam New England Journal of Medicine yang cukup prestisius mengenai kucing yang misterius ini. Dan kemudian terbit bukunya yang popular berjudul “Making the Rounds with Oscar: The Extraordinary Gift of an Ordinary Cat.” Oleh penerbit majalah Sceptical Inquirer.

Namun, tampaknya masih sulit untuk menjelaskan tentang kekuatan asing dan misterius yang dimiliki Oscar melalui penelitian dan eksperimen-eksperimen ilmiah, serta riset medikal. Nama Oscar yang merupakan nama piala penghargaan bagi para pekerja film di Hollywood, harus rela diikuti dengan kembarannya yang disandang seekor kucing misterius.

Memang tidak jarang terjadi persepsi-persepsi dan seleksi-seleksi yang menyesatkan terhadap sebuah fenomena, sehingga menimbulkan kesimpulan yang bias. Dan biasanya akan terjadi perdebatan-perdebatan yang sangat menarik antara kubu yang mempercayainya dan yang tidak mempercayainya. Apakah segala sesuatu yang terjadi di dunia ini akan selalu dapat dijangkau dan disimpulkan secara sempurna oleh akal manusia?