Bagi anda yang gemar bersepeda, factor keamanan tentu tetap harus diperhatikan. Ada kalanya para pesepeda pergi ke tempat jauh yang mungkin tidak terdapat banyak orang disana. Kondisi ini akan sangat sulit jika pesepeda tersebut kecelakaan ataupun mendapat musibah, karena tidak ada orang lain yang tahu.

Persoalan ini justru dilihat sebagai peluang oleh SenseTech dan ICEdot. Kedua perusahaan ini menciptakan sebuah sensor yang kecil berbentuk stempel yang bisa ditempel di helm anda. Alat unik yang disebut Sensor Crash ini terhubung dengan ponsel melalui Bluetooth.

Cara kerjanya, saat anda mendapatkan kecelakaan, sensor di helm anda akan secara otomatis mengirimkan sinyal ke handphone untuk kemudian memanggil kontak darurat dan memberitahukan posisi anda dengan fitur GPS.

Tentu timbul pertanyaan, bagaimana jika helm anda jatuh secara tidak sengaja? ICEdot akan memberikan jeda waktu sebelum memanggil kontak darurat, sehingga anda bisa mencegahnya jika memang tidak diperlukan.

Produk unik ini akan mulai dipasarkan tahun depan dengan banderol sekitar $ 200. Tak hanya untuk para pesepeda, sensor ini juga cocok digunakan oleh para backpackers, pendaki dan bagi siapa saja yang mungkin akan terluka selama olahraga atau kegiatan dan tidak mungkin mendapatkan bantuan dari orang yang lewat.