Foto yang terpampang dari dekat ini tampaknya seperti kelereng raksasa. Tetapi bulatan itu bukanlah barang mainan, melainkan penyedot sinar matahari. Konsentrator solar itu diciptakan oleh para arsitek Rowlemon, yang berbasis di Barcelona.  Menurut para desainer, alat ini tidak hanya dapat mengumpulkan sinar matahari, tetapi juga sinar bulan.

Bulatan besar itu didisain untuk merotasi dan mengikuti sinar matahari di seantero langit dan begitu sensitif terhadap cahaya, sehingga pada malam hari juga dapat menyedot sinar bulan dan merubahnya menjadi elektrisitas.

Andre Rowlemon, arsitek dan disainer utama bulatan energi itu menyatakan bahwa bulatan gelas spherical untuk penyedot sinar matahari itu dapat mengkonsentrasikan sinar matahari dan sinar bulan sampai 10.000 kali, dan bahwa penggunaan sistem itu 35% lebih efisien daripada photovoltaic, desain yang pada umumnya digunakan untuk penyedot sinar matahari.

Salah satu ide Rowlemon adalah membangun bulatan-bulatan ini pada dinding-dinding eksterior bangunan-bangunan yang dapat membangkitkan elektrisitas.

Memang untuk menjadi bangsa yang besar harus dibangun dengan idealisme yang kokoh dan tangguh, disertai riset dan pengembangan yang tak kenal lelah. Para pencetus ide-ide yang berkaitan dengan inovasi teknologi yang bermanfaat bagi kesejahtaraan rakyat secara adil dan bermartabat, harus terus-menerus dibangkitkan.
Sehingga pada saatnya akan tampil para genius dan inovator yang mampu mendorong perubahan sosial.