Direncanakan Toronto akan mengumumkan menggunakan energi surya. Sekitar 8.800 panel surya akan dipasang di sepuluh kota. Menurut The National Post yang dilansir dari greenideal, solar panel tersebut akan menghasilkan sekitar 2.600 Mw listrik per tahun selama 20 tahun ke depan. Hal itu cukup untuk kekuatan sekitar 215 rumah tangga. Di sisi lain, juga diharapkan untuk membawa $16.000.000 melalui kontrak dengan Ontario Power Authority, yang memungkinkan kota untuk menjual tenaga surya yang dihasilkan.

Dan sepertinya ini bisa menjadi awal dari sebuah tren baru. Ada laporan bahwa beberapa daerah di seluruh Ontario merencanakan atau melaksanakan proyek surya serupa. Berdasarkan dari The National Post mencatat bahwa program serupa di Belleville, Ontario mampu menambahkan pendapatan tahunan hanya dalam sembilan bulan. Kota ini mendorong pemerintah setempat untuk menyetujui dua lokasi tambahan panel surya awal pekan ini.

“Ini tidak hanya baik bagi masyarakat dan jejak karbon, tetapi juga merupakan sumber pendapatan,” kata Belleville Walikota Neil Ellis The National Post.

Ellis mengharapkan pendapatan surya kotanya untuk mendekati  $1 juta per tahun dengan penambahan lokasi baru. Selain itu juga menurut Rob Maxwell, Manajer Kantor Energi Terbarukan Toronto, dia mengatakan bahwa panel yang dipasang di Toronto akan memiliki umur rata-rata sekitar 25 tahun. 

Pada bulan Oktober nanti, Kota Toronto dikabarkan akan mengajukan permohonan tambahan lokasi panel surya.