Nampaknya Hewlett-Packard (HP) tergiur dalam pasar smartphone yang akhir-akhir ini banyak menjadi perhatian produsen IT dunia. Sebelumnya HP pernah memproduksi ponsel. Lewat CEOnya, Meg Withman mengatakan bahwa perusahaan yang digawanginya akan mempersiapkan terjun ke dalam pasar besar smartphone. Ia melanjutkan bahwa smartphone adalah bagian dari perangkat komputer baru yang digunakan banyak orang saat ini. 

“Smartphone adalah perangkat komputasi utama dari kebanyakan orang saat ini. Dan kami adalah perusahaan komputer. Jadi kami harus mengambil kesempatan dari faktor pembentuk semacam itu,” jelas Whitman.

Keinginan itu sebetulnya telah direncanakan pada tahun 2010, di mana HP menginginkan pengembangan produk seperti smartphone dan tablet. Walaupun belum terealisasi, minimal HP telah mempunyai langkah bagus dengan mengakuisisi perusahaan yang mempunyai sistem operasi yaitu Palm dengan WebOS. Namun siapa yang menyangka bahwa akuisisi itu berbuah hasil yang sangat merugikan bagi HP. WebOS yang dipersiapkan menandingi dominasi Android dan IOS akhirnya dihentikan pengembangannya oleh HP pada 2011.

Kini publik bertanya-tanya tentang sistem operasi apa yang bakal digunakan pada smartphone yang akan diproduksi oleh HP. Namun sang CEO pun tutup mulut rapat-rapat seolah merahasiakan mengenai sistem operasi apa yang akan mereka adopsi di smartphone terbaru itu.