Perkembangan energi angin semakin berkembang pesat. Para peneliti berlomba-lomba mendesain turbin angin untuk meningkatkan efisiensi. Kali ini inovasi datang dari Siemens. Perusahaan ini telah mengembangkan seperangkat mata pisau turbin angin yang dapat meningkatkan efisiensi hingga 1,5 persen.

Uniknya, desain baru ini terinspirasi dari kerangka dinosaurus. Siemens menciptakan 3 buah desain. Pertama disebut DinoTails. Desain ini menyerupai tulang belakang dari stegosaurus. Ketika diterapkan pada pisau turbin angin, mereka meningkatkan luas keseluruhan pisau untuk menambah daya angkat. Tepi bergerigi membantu memecah aliran udara di sekitar pisau, yang menurunkan turbulensi dan membuat turbin lebih tenang sekaligus mengurangi ketegangan pada pisau.

Yang kedua adalah DinoShells.  Desain ini berbentuk seperti sekop salju atau kurva dari telur dinosaurus dan memperpanjang bentuk pisau turbin ke poros utama. Sementara yang ke-tiga adalah generator vortex. Desain ini memiliki sirip kecil yang memaksa udara untuk tinggal di kontak dengan bagian atas pisau lebih lama.

Menurut Laporan New Scientist, “Pass Altamont Wind Farm di California, rata-rata efisiensi 1,5% akan menghasilkan 125 megawatt yang akan memenuhi kebutuhan energi dari 2.500 rumah tangga. Siemens menyatakan telah mengaplikasikan desain ini di Bison 2 dan 3 Pusat Energi Angin di North Dakota.