Krisis air bersih sedang melanda dunia beberapa tahun terakhir. Hal ini membuat para desainer berlomba-lomba untuk menciptakan mesin yang dapat meminimalisir penggunaan air.

Adalah Ahmet Burak Aktas, Adem Onalan, Salih Berk Ilhan dan Burak Soylemez, empat orang mahasiswa desain industry tengah mengembangkan mesin cuci yang berupaya mengoptimalkan penggunaan air dalam satu wilayah yang jelas dalam kehidupan kita sehari-hari: mandi. Desain ini berupaya untuk menggunakan air sisa mandi yang biasanya terbuang sia-sia untuk kemudian dimanfaatkan untuk mencuci pakaian.

Desain ini memiliki tiga sistem filtrasi (organik, kimia, dan filter karbon), serangkaian pompa, pemanas air, tangki penyimpanan, dan mesin cuci yang kesemuanya dibangun di sisi kamar mandi. Pengguna dapat menanggalkan pakaian mereka dan beban mesin cuci sementara di kamar

Para desainer memperkirakan bahwa dibutuhkan sekitar 150 liter air per lima belas menit untuk mandi, dan sekitar 38 liter air untuk beban cucian, sehingga dengan asumsi tidak ada kerugian, itu sekitar empat banyak cucian yang dapat dilakukan hanya dengan air dari satu shower.