Dewasa ini, krisis air sedang melanda dunia. Di berbagai belahan bumi, banyak orang tidak bisa mengakses air bersih untuk keperluan sehari-hari. Permasalahan inilah yang coba dijawab oleh seorang mahasiswa pascasarjana Italia, Gabrielle Diamanti.

Adalah “Eliodomestico” sebuah alat yang memanfaatkan tenaga surya untuk menghasilkan air bersih bagi mereka yang tinggal di pesisir dimana air laut begitu melimpah sementara air tawar sulit didapatkan.

Alat ini sebenarnya cukup sederhana. Cara kerja Eliodomestico seperti cerek penapis kopi terbalik untuk menghilangkan garam dari air laut. Oven keramik memiliki tiga bagian utama. Wadah hitam atas adalah di mana air garam dituangkan. Saat matahari memanaskan air garam dan menciptakan uap, tekanan yang dibangun mendorong uap melalui pipa di bagian tengah. Uap mengembun dan kemudian menetes ke dalam baskom, di mana ia dikumpulkan. Oven dapat membuat sekitar lima liter air tawar per hari.

Biaya untuk membuat alat ini juga cukup murah yaitu sekitar $ 50. Para pengrajin lokal juga dapat menggunakan bahan apa pun yang paling melimpah di mana mereka tinggal. Alat ini juga dirancang agar nyaman dibawa di kepala, yang umum di sub-Sahara Afrika dan tempat-tempat lain di seluruh dunia.