Dikabarkan peneliti di Tokyo Institute of Technology telah meluncurkan sebuah robot yang bisa menjadi penjaga pantai. Prototipe terakhir yang berhasil dikerjakan adalah robot yang bisa meniru seluruh tubuh seorang perenang. Adalah Swumanoid nama robot buatan Tokyo Institute of Technology . 

Robot “Baywatch” ini mampu berenang dengan kecepatan 0,64 meter per detik dengan gaya bebas. Kecepatan ini sudah mencapai sepertiga dari kecepatan manusia. Robot ini konon bisa berenang sama baiknya dengan gaya punggung dan gaya kupu-kupu. Tetapi robot ini memerlukan sepasang kaki baru agar bisa memakai gaya dada. 

Prof. Motomu Nakashima adalah tim di balik pembuatan robot “Baywatch” ini. Ia berharap robot seperti ini bisa beraksi layaknya penjaga pantai, berpatroli dan membantu perenang dalam kondisi bahaya. “Saya percaya, robot yang berenang seperti manusia dimungkinkan untuk membantu orang yang menghadapi bahaya di air,” kata dia seperti dikutip Daily Mail yang dilansir oleh Tempo. 

Tujuan pertama dari pembuatan robot ini adalah untuk mengukur energi yang keluar dari perenang. Walupun demikian, pencipta robot menyadari, Swumanoid masih jauh untuk menggantikan peran David Hasselhoff dalam serial Baywatch. Misalnya, dalam hal daya tahan, output, dan waterproofing masih menjadi masalah dalam desain robot ini. Chang-Hyun Chung, seorang peneliti di institut ini, mengatakan solusi dari masalah ini bisa ditemukan dalam pekan-pekan mendatang. “Kami ingin menggunakan mesin yang lebih besar untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar. Sekarang, tenaga mesin tidak cukup,” kata dia.