Bermain game petualangan dengan berbagai macam kesulitan, merupakan sebuah tantangan bagi para gamer. Seperti halnya game Dark Souls. Sebuah game petualangan yang terkenal di kalangan gamer dunia. Hal ini dikarenakan Dark Souls merupakan game petualangan tersulit dan membutuhkan kesabaran serta keahlian bermain yang sangat tinggi. 

Kesulitan tersebut memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para gamer sehingga mereka merasa tertantang untuk memainkan game ini. Di lain pihak, game ini juga bisa menjadi momok yang menakutkan untuk dimainkan gara-gara tingkat kesulitannya. Sehingga creator dari game Dark Souls ini tidak setuju dengan tantangan tersebut. Dia adalah Hidetaka Miyazaki pimpinan pengembang game yang bersuara akan hal itu.

”Secara pribadi saya ingin game yang saya buat digambarkan sebagai memuaskan daripada sulit. Bahkan saya sebenarnya ingin menggunakan tingkat kesulitan sebagai salah satu media untuk tingkat kepuasan gamer saja, bukan menjadi faktor utama,” ujar Miyazaki yang dilaporkan oleh media.

Dia pun melanjutkan, kenyataannya, Dark Souls merupakan game yang sulit dan beberapa kalangan gamer menjadi ragu untuk mencobanya. Fakta ini membuatnya gelisah dan terus berpikir untuk merubah tingkat kesulitan itu menjadi mudah.  Game tersulit di mesin game console ini kini dapat dimainkan gamer di PC dengan dirilisnya Dark Souls: Prepare to Die Edition. Versi ini tetap mempertahankan tingkat kesulitan yang menjadi salah satu ciri khasnya.