Pemerintah New South Wales (NSW) telah berjanji untuk menaikan tiga kali lipat jumlah energi yang dihasilkan oleh turbin angin dan panel surya selama delapan tahun ke depan, tanpa biaya tambahan kepada publik.

Draft rencana tersebut menegaskan komitmen yang ada untuk target energi terbarukan 20 persen pada tahun 2020, naik dari sekitar 8 persen saat ini. Rencananya New South Wales akan menaikan energi sebesar 8000 gigawat dengan tenaga angin. Sebelumnya Tenaga angin yang dihasilkan sebesar 652 gigawatt energi, hal tersebut berarti akan ada ribuan turbin angin menghiasi pedesaan-pedesaan di negara itu.

“Membangun industri energi terbarukan yang sangat kuat penting untuk mendukung kerja dan membantu menumbuhkan perekonomian NSW,” kata Chris Hartcher, Menteri Energi yang dilansir dari SMH. 

Rencananya daftar 28 tindakan untuk hal ini yang dikatakan akan memberikan kontribusi untuk mencapai 20 persen target energi terbarukan – beberapa di antaranya dikemas ulang, pengumuman yang ada, seperti dukungan pemerintah negara untuk lading energi surya yang besar dekat Nyngan di bagian barat NSW.

Diprediksikan lapangan pekerjaan juga akan tersedia banyak bila proyek ini berhasil pada tahun 2020. “Ada sekitar 6000 lapangan pekerjaan yang tersedia di sektor energi terbarukan di tahun 2020, terutama di daerah-daerah”, ujarnya.