Ini akan terasa aneh di telinga Anda dan Anda pun mungkin akan bertanya-tanya tentang teknologi ini. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa ada mimpi dapat dimanipulasi oleh teknologi di masa depan. Matt Wilson dan Daniel Bendor ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengutarakan demikian. Mereka melakukan percobaan yang dilakukan pada tikus di laboratorium, dengan menggunakan isyarat audio.

Pada dasarnya  para ilmuwan tersebut sudah mengetahui bahwa saat tidur, hippocampus atau bagian dari otak yang berfungsi mengulangi aktivitas yang sudah dilakukan selama satu hari yang akan membantu memperkuat ingatan seseorang. Seperti uji coba yang mereka lakukan dengan tikus. Di mana tikus itu bermimpi berjalan di sebuah labirin.

Awalnya sebelum tidur, tikus diberikan stimulant dengan isyarat audio untuk berjalan melalui labirin. Satu suara mengarahkan tikus untuk mengambil hadiah di sisi kanan sedangkan suara yang lain memandu tikus untuk mengambil hadiah yang ada di sebelah kiri.

“Percobaan terbaru kami memeperlihatkan bahwa kemampuan untuk mengarahkan isi memori yang diaktifkan kembali ketika tidur,” kata mereka yang dilansir dari Kompas.

Mereka pun melanjutkan bahwa hal ini bisa dianggap sebagai bentuk sederhana dari rekayasa mimpi dan memungkinkan kontrol yang lebih luas terhadap pengolahan memori selama tidur, meningkatkan memori kejadian-kejadian yang dipilih atau memblokir bahkan memodifikasi kenangan-kenangan yang tidak diinginkan.

Entah angan-angan atau mungkin bisa menjadi sebuah kenyataan teknologi ini. Lantas, apa yang Anda lakukan ketika teknologi ini menjadi kenyataan??