Terobosan dalam bidang transportasi baru-baru ini dilakukan oleh para mahasiswa dan staf teknik University of Birmingham. Dibawah bimbingan Dr Stuart Hillmansen, mereka baru saja menguji prototype lokomotif kereta bertenaga hydrogen. Dan berhasil..!

“Lokomotif bertenaga hidrogen kami adalah contoh yang bersih dan efisien,” ujar Dr Stuart Hillmansen

Pengujian prototipe ini dilakukan di Stapleford Miniatur Kereta Api di Leicestershire. Lokomotif  berhasil membawa beban berat lebih dari 8.800 kilogram.

Powering kereta adalah sistem hibrida, yang menggunakan sel bahan bakar dalam hubungannya dengan baterai asam timbal. Sel bahan bakar memberi kekuatanpada motor listrik dan baterai membantu untuk memenuhi kebutuhan daya puncak. Menurut University of Birmingham, prototipe juga dilengkapi dengan sistem pengereman regeneratif dan dioperasikan oleh kontrol Wi-Fi touchscreen remote.

Meskipun cukup menjanjikan, untuk sementara ini para peneliti menyatakan kemungkinan untuk penerapannya pada kereta penumpang berkecepatan tinggi masih sangat sulit. Sebagai langkah awal, system ini bisa diterapkan untuk trem yang memiliki kebutuhan daya yang rendah. Mereka percaya bahwa prototipe kereta konsep hybrid, yang menggunakan tangki metal-hydride penyimpanan dan sel bahan bakar hidrogen yang bekerja bersama-sama dengan baterai, adalah model yang sangat layak untuk pengembangan di masa mendatang.