Tidak lama lagi sekitar akhir tahun 2012, tablet akan dilibatkan di medan perang oleh militer Rusia. Hal ini setelah Rusia memutuskan untuk membangun sendiri tablet yang akan digunakan oleh militer mereka. Tablet militer Rusia akan memanfaatkan sistem operasi open source milik Google, Android.

Semua fungsi Android akan tersedia pada tablet tersebut dan tentunya sistem keamanan data pada tablet tersebut telah ditingkatkan. RoMOS adalah tablet buatan Rusia tersebut. Gadget tersebut telah dipesan oleh kementerian pertahanan Rusia.

Kabarnya tablet pesanan militer Rusia akan dirancang dengan desain yang tahan air dan guncangan. hal ini untuk memenuhi kebutuhan operasional militer yang membutuhkan peralatan tahan banting. Seperti yang dilaporkan oleh beberapa media, saat ini belum ada informasi lebih jelas tentang spesifikasi hardware yang akan digunakan oleh militer Rusia ini. 

Penggunaan gadget dalam medan perang bukan hal baru. Sebelumnya US Army memutuskan menggunakan smartphone untuk membantu komunikasi strategis di medan pertempuran.