Dua puluh lima tahun Thomas Hopper memimpikan untuk mendesain dan membangun “rumah solar”, untuk keluarganya. Pada tahun 2009, ia berhasil menyelesaikan instalasi sistem pemanasan ruang solar aktif, dan sistem ikatan kisi-kisi protovoltaic (PV) 4,4 KW di rumahnya. Ia memang memulai karir dan profesinya sebagai arsitek. Pada tahun 1975, ia berhasil menemukan

dan menciptakan alat perlengkapan solar. Ia merasa bahwa sementara alat perlengkapan solar aktif dan desain sistem telah memuaskannya, maka ia menjadi lebih tertarik dalam aplikasi solar pasif, dan yang paling penting adalah konservasi energi sebagai hal utama untuk dilaksanakan dalam sebuah proyek.

Kepuasan dan semangat Thomas tak hanya berhenti sampai di situ. Ia bertekad untuk mendirikan sebuah perusahaan sendiri. Pada tahun 1977, berdirilah perusahaannya yang bernama The Insulating Shade Company, dengan terutama menitikberatkan pada produksi sistem ikatan kisi-kisi PV yang terbuat dari panel-panel 21 Kyocera KD210GX dengan tiga susunan kesatuan dalam rangkaian tujuh panel.

Selain tuntutan jiwa kewiraswastaan (entrepreneurship) dan semangat inovator teknologi yang membara, Thomas pun tak kenal lelah untuk menyebarkan ilmu pengetahuan dan profesi yang dimilikinya, melalui pengajaran di bidang Teknologi Rekayasa Arsitektural, dengan menggelutinya selama lima belas tahun. Mungkin ia menyadari untuk mengambil peran dalam berkontribusi untuk penggunaan sumber daya energi terbarukan, yang dalam abad ini merupakan isu yang hangat diperdebatkan. Dan semoga para pionir teknologi inovatif yang “terasimilasi dan terintegrasi” dalam pengembangan sayap kewiraswastaan tidak menjurus pada penggalian keuntungan yang serakah, yang dapat merusak dan mendistorsi keseimbangan ecosystem, keberlanjutan dan ketahanan planet kita dan kesejahteraan mayoritas umat manusia.