Bagi Anda yang ingin berkunjung ke bulan bersiaplah. Kendati Anda bukan astronot atau kosmonot, sepanjang memiliki kocek yang tebal, rasanya impian pergi ke bulan memungkinkan untuk terwujud. Namun Anda masih harus menunggu sampai waktu yang belum ditentukan. Karena perusahaan LiftPort Group yang memiliki rencana membangun lift luar angkasa yang langsung menuju ke bulan masih membutuhkan dana untuk mewujudkan proyeknya tersebut.

Dilansir oleh Space.com, Michael Lane, pimpinan LiftPort Group yang juga merupakan mantan peneliti Badan Antariksa Amerika Serikat NASA, mengatakan bahwa dengan teknologi yang ada saat ini, perusahaannya akan mampu membangun lift yang dapat memboyong manusia dan robot ke permukaan bulan.

Dalam posting yang dimuat dalam situs Kickstarter, Laine menulis bahwa perusahaannya membuat terobosan yang signifikan dalam hal teknologi yang dibutuhkan untuk membangun lift luar angkasa.

Sebagai langkah pertama yang dilakukan untuk mengerjakan proyek ambisius ini adalah membangun sebuah platform balon yang mengapung di sekira dua kilometer di atas permukaan Bumi. Sebuah kabel panjang yang akan menambat ke tanah untuk memberkan dukungan robot yang akan naik-turun dengan kecepatan tinggi.

Untuk permulaan menjalankan proyek ini, Laine membutuhkan dana US$8 ribu untuk mengumpulkan tim yang akan mengerjakan proyek ini.

Laine mengungkapkan bahwa solusi perusahaan ini untuk menyebarkan ruang lift yang sederhana, mengacu pada desain dasar. Namun lebih efektif ketimbang pesawat ruang angkasa milik Soviet yang terkenal, satelit buatan pertama di orbit Bumi.

“Sekitar enam bulan lalu kami memiliki terobosan mendasar. Terobosan yang akan mengubah peradaban manusia dan kami ingin menjadi bagian dari itu,” ujar Laine.

Laine sebelumnya memang pernah bekerja di Institut for Advanced Concepts NASA, di mana ia belajar berbagai teknologi ruang elevator.