Ketika George Jetson pertama kali dengan mobil-terbangnya bernama Supersonic Suburbanite atau Spacion Wagon bergentayangan di seantoro TV Amerika pada tahun 1962, para pemirsa mulai berangan-angan, kapan ya bisa membeli mobil-terbang itu? Mungkin dalam beberapa dasawarsa mendatang mobil itu baru bisa menjelajah ruang angkasa. Kenapa mesti begitu lama? Rintangan-rintangannya masih harus diatasi, di antaranya persetujuan dari FFA. Namun percayalah bahwa proses perakitan dan uji-coba yang terus-menerus sudah dilakukan.

Inilah beberapa individual yang berupaya mengantarkan mobil-terbang:

Paul Moller telah bergelut selama 40 tahun dan telah menanamkan jutaan dolar untuk mengembangkan Skycarnya. Ia kini sangat dekat untuk mengembangkan mobil-terbang yang dipasarkan secara massal untuk pertama kali. Pada tahun 1965, ia mendemonstrasikan percobaannya yang pertama dari tipe XM-2, yang melayang-layang di atas tanah, tapi tidak jauh ke mana-mana. Pada tahun 1989, ia memperkenalkan tipe M200X yang telah melakukan 200 kali penerbangan, dan dapat terbang setinggi 15, 24 meter di atas tanah.

MACRO Industries di Huntsville, Ala., sedang mengembangkan mobil terbang yang dinamakan SkyRider X2R. Mobil terbang ini dapat tinggal landas dan mendarat secara vertikal. SkyRider menggabungkan desain interior dari mobil sport 2 tempat duduk dengan mobilitas helicopter atau pesawat terbang. Menurut perusahaan itu, juga sedang dikembangkan 5 sampai 7 set model SkyRider, yang disesuaikan dengan luas garasi untuk dua mobil.

Dan baru-baru ini, Branko Sarh, insinyur senior di McDonnell Douglas Aerospace, telah mencoba mengembangkan mobil-terbang untuk 4 penumpang yang dinamakan Sokol  A-400, yang dapat memunculkan sayap-sayap yang berteleskop, dengan cara memencet tombol.

Itulah di antara beberapa perusahaan terkemuka di Amerika yang berupaya mengatasi keluhan Anda  pengendara mobil yang di sana-sini di kota metropolitan ini terjebak kemacetan dan stress yang meletihkan.