Sebuah berita yang tentunya menggembirakan bagi kalangan pecinta video game Pro Evolution Soccer atau PES. Setelah di tahun lalu Konami merilis PES 2012, dikabarkan PES 2013 segera keluar dalam waktu dekat. Sudah dipastikan PES teranyar ini berbeda dengan sebelumnya, sebab dipastikan ada 20 tim tambahan dari Liga Brazil.

Kepala Konami Erik Bladinieres menuturkan bahwa Brazil sudah sepatutnya diperhitungkan dengan kemajuan sepak bolanya. “Kawasan Amerika Latin, terutama Brasil, terus menarik perhatian. Kami merasa perlu mendapatkan hak untuk memunculkannya di PES,” ucapnya.

“Lewat adanya tim Brasil, ditambah lisensi Copa Libertadores, menjadikan PES 2013 sebagai game sepakbola paling lengkap di pasaran,” tambahnya.

Banyak yang memprediksikan bahwa game ini akan laris manis seperti game terdahulu. Dengan mengusung Cristiano Ronaldo sebagai aktor utama di game ini, Konami pun melakukan banyak perubahan serta menambah beberap fitur yang tidak akan bisa di dapatkan pada game bola lainnya. Perubahan itu adalah FullControl. Melalui fitur ini memungkinkan gamer leluasa dalam memberikan operan, tendangan dan sentuhan-sentuhan lain dalam permainan. Sementara fitur menggiring bola atau dribbling, sedikit diperlambat agar pemain dapat lebih leluasa mengontrol bola.

PES 2013 memiliki total 150 tim berlisensi dari seluruh dunia, seperti dari Italia, Spanyol, Inggris, Jerman, dan lainnya. Game ini akan dirilis sekitar Oktober mendatang untuk Xbox 360, PS3, PC, PS2, PSP, Nintendo 3DS dan Wii. Konami menegaskan tidak merilis PES 2013 untuk PS Vita.