Kini kita sedang hidup dalam era ilmu dan teknologi yang sangat menakjubkan. Hal-hal yang semula dipandang sebagai fiksi ilmu, bahkan kadang-kadang juga dipandang sebagai impian yang mengawang-awang, kini telah menjadi kenyataan yang tampil sebagai komponen-komponen dalam hidup kita sehari-hari.

Sebuah istilah baru kini juga muncul. Nanotechnology. Marilah kita coba menyingkap sekilas tentang Nanotech, yang merupakan manipulasi benda dalam skala atomic dan molekuler. Biasanya Nanotech bekerja dengan molekul-molekul dan struktur-struktur, yang paling sedikit 1 dimensi berukuran dari 1 sampai 100 nanometer. Efek-efek mekanikal quantum merupakan sesuatu yang penting dalam skala quantum-realm. Dengan varietas aplikasi-aplikasi potensial, nanotech merupakan kunci untuk masa depan. Maka tidaklah mengherankan jika National Nanotechnology Initiative telah menginvestasikan $3,7 milyar dolar. Sedangkan Uni Eropa telah menginvestasikan $1,2 milyar, dan Jepang $750 juta dolar.

Sebagai hasil penelitian dan uji-coba selama beberapa tahun, kini telah ditemukan dan diciptakan Tangan Bionik. Maka bagi para penyandang cacat yang kehilangan jari-jari tangannya tidak usah berputus asa akan penggantinya. Tangan Bionik memang tak ubahnya dengan tangan yang memiliki jari-jari yang hidup dan bisa memegang dan menyentuh benda-benda dan obyek-obyek sampai sehalus apa pun. Berbahagialah para penyandang cacat tangan.