Sepertinya kita harus melupakan ide membaca buku elektronik, atau bermain game sepanjang perjalanan dengan pesawat. Apa pasal? Karena Federal Aviaton Administration (FAA) tengah menggodok aturan baru yang melarang penggunaan Portabel Electronic device (PED) selama penerbangan. Termasuk penggunaan ponsel — walau dalam keadaan flight mode –, laptop, tablet dan perangkat portabel lainnya. Memang saat ini aturan pelarangan penggunaan perangkat elektronik ini hanya berlaku saat posisi pesawat saat lepas landas dan mendarat.

Kendati peraturan baru ini belum diberlakukan, bahkan masih sebatas wacana, tapi tidak menutup kemungkinan untuk dibahas dan mungkin akan disetujui. 

“Kami sedang menguji beberapa isu yang hendak kami bahas, termasuk uji coba metode baru metode baru maskapai penerbangan untuk melindungi keselamatan penumpang. Kami melihat standar penggunan teknologi seperti PDE selama penerbangan apapun. Kami akan mencoba mendiskusikannya bersama komite FAA,” tulis pernyataan FAA, seperti dikutip dari Phone Arena, Selasa (28/8/2012).

Jangan terburu nafsu memprotes rencana peraturan ini, karena FAA akan lebih dulu menggelar studi atas rencana ini pada Maret 2013. Meski tidak menutup kemungkinan akan segera diterapkan di bulan berikutnya, bila disetujui. Jadi mari kita kembali ke cara lama membunuh waktu di perjalanan. Membaca buku atau majalah versi cetak.