Sebuah organisasi konsumen di Jerman mengancam akan menggugat Facebook terkait dengan tindakan pengolahan data ilegal. Lembaga perlindungan konsumen Jerman ini meyakini Facebook telah melanggar hukum privasi dan memberi batas waktu untuk memperbaiki atau mereka akan menggugat secara hukum.

Menurut sebuah berita yang disebarkan oleh Reuters, media jejaring sosial Facebook telah memberikan data-data konsumen melalui pusat aplikasi terbarunya tanpa pemberitahuan. Dan inilah yang menjadi pangkal persoalan yang membuahkan gugatan bagi Facebook.

Jurubicara organisasi itu yang tak disebutkan namanya, mengatakan akan mempertimbangkan tindakan hukum untuk melawan jika situs ciptaan Mark Zuckerberg itu belum memperbaiki kebocoran data konsumen pada 4 September mendatang.

Batas waktu yang diminta organisasi konsumen itu muncul seminggu setelah Lembaga Proteksi Data dan Kebebasan Informasi Hamburg Jerman mengatakan akan membuka kembali investigasi terkatit kebijakan pentautan foto dan teknologi pengenalan wajah Facebook yang mengumpulkan data secara ilegal.

Sementara menanggapi ancaman gugatan terebut,  jurubicara Facebook Jerman mengatakan akan menelusuri kasus itu dan menolak berkomentar lebih jauh. Jika gugatan di Jerman dikabulkan, maka bukan mustahil masyarakat di beberapa Negara lain juga akan mengekor.