Pada ekosistem kelautan, terumbu karang memegang peranan yang sangat penting. Kerusakan pada terumbu karang akan mempengaruhi ekosistem ikan yang memang sangat bergantung pada terumbu karang. Oleh karena itu, saat ini para peneliti dari Heriot-Watt University di Skotlandia sedang mengembangkan micro robot bawah air yang dapat digunakan untuk menyelamatkan terumbu karang. Coralbots ini akan diprogram untuk mengumpulkan karang yang telah rusak dan membetulkannya kembali.

Sebelum digagasnya proyek ini, penyelamatan terumbu karang biasanya dilakukan oleh para penyelam yang akan mengunjungi terumbu karang dan membetulkan terumbu karang. Sayangnya, para penyelam ini tidak bisa bertahan di dalam air terlalu lama serta terkadang tidak mampu mencapai tempat-tempat terpencil. Sementara itu, Coralbots tidak terkendala soal waktu serta dapat mencapai tempat-tempat terpencil.

Coralbots akan diprogram untuk mengumpulkan fragmen karang dan membtulkannya. Mereka juga akan dilatih untuk membedakan fragmen karang, batu, spons atau makhluk laut lainnya.

Untuk lebih efisien menyelamatkan karang, robot-robot ini akan bekerja secara berkelompok. Hal ini tidak hanya membuat pekerjaan lebih cepat, tetapi juga menghilangkan kebutuhan untuk mengembangkan sebuah robot yang besar dan lebih kuat yang tentu saja membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit untuk menciptakannya.