Mantan astronot Amerika Serikat yang dipercaya sebagai manusia pertama yang mendaratkan kakinya ke bulan, Neil Armstrong meninggal dunia. Dia meninggal di usia 82 tahun pada Sabtu (25/8) waktu Amerika Serikat atau Minggu (26/8) waktu Indonesia. Armstrong meninggal dunia pasca menjalani operasi by pass hati awal bulan ini untuk menyembuhkan penyakit jantung coroner yang dideritanya, seperti yang dilansir reuters, Sabtu kemarin.

Menanggapi kematian pemimpin misi Apollo 11 ini, Presiden Amerika Serikat Barack Obama pun memuji Armstrong sebagai pahlawan Amerika yang mengharumkan nama bangsa di dunia. “Neil Armstrong adalah pahlawan terbesar Amerika, bukan hanya pada masanya. Tapi sepanjang masa,” kata Obama seperti dilansir reuters, Minggu (28/8).

“Hari ini, spirit yang ditanamkan oleh Neil telah hidup pada diri mereka-mereka yang mendedikasikan dirinya untuk mengeksplorasi rasa ketidakingintahuan, dengan terus mencari jawaban-jawaban dari ketidakmengertian itu, termasuk berusaha untuk melakukan perjalanan-perjalanan berikutnya ke luar angkasa,” imbuh Obama.

astronot yang bernama lengkap Neil Alden Armstrong ini lahir di Ohio, Amerika Serikat, 5 Agustus 1930 meninggal dalam usia 82 tahun. Pada 20 Juli 1969, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin mendarat di Bulan dengan kendaraan udara kecil, yang telah dikirim ke Bulan dengan roket Saturn V dalam misi Apollo 11. Mereka berdua berjalan di Bulan, dan jutaan orang menonton peristiwa ini dari TV.