Dikenal sebagai perusahaan yang  konsisten dengan logo—Sejak memperkenalkan logo pertamanya yang digunakan pada tahun 1975 hingga 1979, Microsoft baru mengubah lambang perusahaan sebanyak lima kali—bahkan yang terakhir, baru melakukan penyegaran setelah 25 tahun lamanya. 

“Telah 25 tahun sejak kami melakukan perubahan logo Microsoft. Sekarang saat yang sempurna untuk perubahan,” kata Brand Strategy Manager Microsoft, Jeff Hansen, dikutip dari laman NineMSN.

Tidak seperti empat logo sebelumnya yang hanya mengusung nama perusahaan, di logo baru ini juga disandingkan ‘jendela kotak’ yang lebih tegas. Di satu jendela itu terdapat empat warna berbeda, yakni merah, hijau, biru dan kuning. Tampaknya pada logo baru ini, Microsoft ingin melekatkan diri dengan Windows 8. Bentuk logo ini seperti mengingatkan akan tampilan antarmuka di sistem operasi Windows 8. 

Hansen pun mengaku logo ini terpengaruh dengan produk baru Microsoft, yaitu Windows 8. “Gelombang rilis terbaru ini tidak hanya menggambarkan kembali produk kami yang paling populer, tapi juga mewakili era baru untuk Microsoft, jadi logo kami harus berkembang menjadi aksen visual dari permulaan baru ini,” jelas Hansen.

Selintas, logo baru Microsoft itu mirip dengan logo sistem operasi Windows. Tapi bedanya, jika logo Windows terlihat seperti bendera yang terdiri dari empat kotak berwarna merah, hijau, biru, dan kuning, logo baru Microsoft bergambar kotak-kotak dengan warna dan komposisi yang sama.

Sementara menurut Manager Brand Strategy Microsoft Jeferry Meisner, logo ini terinsipirasi dari beberapa produk terbaru yang akan secara masif diperkenalkan dalam waktu dekat. Karena setiap warna tersebut mewakili produk terbaru yang akan segera diluncurkan.

Seperti yang dikutip dari JoyStiq, Jumat (24/8/2012), untuk warna merah mewakili produk Office, biru untuk Windows 8 dan hijau menggambarkan konsol game Xbox. Bagaimana dengan kuning? Masih menjadi misteri, mungkin saja ada sesuatu yang ditawarkan.

Logo baru ini juga meliputi perubahan jenis huruf yang tertulis di kata Microsoft menggunakan font Segoe. Pada huruf ‘f’ dan ‘t’ di akhiran kata Microsoft juga terhubung dengan satu garis. 

“Simbol ini penting dalam dunia gerak digital. Warna dalam kotak dimaksudkan untuk mengungkapkan beragam portofolio produk perusahaan,” tandas Meisner.