Perusahaan komponen elektronik asal Taiwan Foxconn, telah berkomitmen untuk menanamkan investasinya di Indonesia. Menurut Menteri Perindustrian MS Hidayat perusahaan ini akan memproduksi 10 juta barang elektronik seperti telepon genggam, televisi, dan Ipad pada 2013. “Kira-kira produksinya minimal 10 juta telepon genggam, televisi, Ipad, dan produk elektronik lainnya dengan perakitan barang produksi yang dimulai tahun ini” kata menteri di Jakarta, Selasa (14/8/2012). MS Hidayat juga memastikan produk Foxconn akan diluncurkan pada 6 Juli 2013.

Untuk menjalankan usahanya tersebut, Foxconn dikabarkan akan menggelontorkan modal sebesar US$ 10 miliar. Kemenperin sendiri telah merekomendasikan beberapa perusahaan BUMN untuk menjadi mitra lokal bagi Foxconn dalam kerja sama produksi. Hidayat juga mengusulkan agar produk lokal baik hasil produksi BUMN maupun swasta akan didorong menjadi produk nasional. “Kita ajak BUMN Inti karena pernah mau memproduksi handphone serta Polytron yang merupakan satu-satunya brand Indonesia untuk televisi yang mempunyai jaringan luas dan bagus,” katanya.

Sementara  di saat yang sama, Menteri perdagangan Gita Wirjawan  menyatakan bahwa Foxconn telah mengklasifikasikan Indonersia sebagai negara strategis nomor tiga di dunia. Gita juga menjelaskan, sebelum menanamkan modalnya di Indonesia, Foxconn telah melakukan investasi di Brasil, India, hingga China. Di Brasil, investasi disebutkan mencapai 10 miliar dollar AS. 

Di Indonesia, Foxconn memilih lokasi pembangunan pabrik di Cikande, Serang, Banten. Pabrik yang bakal memproduksi 10 juta unit alat elektronik per tahun itu menempati lahan seluas 5 ribu meter persegi. Pabrik Foxconn, sudah siap secara fisik karena menggunakan gedung milik PT Modernland Realty.