Baterai, salah satu teknologi penting untuk menyimpan energi. Dengan bantuan baterai, pasokan energi yang berfluktuasi berdasarkan photovoltaic dan listrik bertenaga angin mampu disimpan hingga waktu akan digunakan. Di Sekolah Tinggi Teknologi Karlsruhe (KIT), dilakukan beberapa uji coba dari sel surya, tenaga angin skala kecil, baterai lithium-ion, dan kekuatan listrik yang tentunya berada dibawah pengawasan untuk didemonstrasikan.

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kinerja listrik mampu menyeimbangkan kinerja baterai yang digunakan. Berdasarkan penjelasan dari Andreas Gutsch, koordinator proyek tersebut, pada dasarnya dalam ujicoba kali ini kinerja yang dihasilkan oleh baterai ion lithium sudah cukup baik namun bilamana diterapkan dengan benar, beban baterai mampu menyeimbangkan beban yang lebih tinggi lagi.

“Kinerja tinggi baterai berdasarkan ion lithium sudah dapat diterapkan dengan cukup baik di jaringan listrik kali ini. Namun, bila diterapkan dengan benar, baterai juga dapat menyeimbangkan beban yang lebih tinggi”, katanya.

Proyek E Kompetensi ini pada dasarnya merupakan proyek untuk membangun sistem yang terdiri dari beberapa percontohan photovoltaics dan pembangkit listrik angin yang dicoba digabungkan dengan baterai lithium-ion. Sementara itu, kunci dari sistem penyimpanan energi terpusat ini adalah kekuatan yang disesuaikan dengan unit elektronik untuk pengisian dan pemakaian baterai dalam waktu dua jam saja. 

Oleh karena itu, sistem penyimpanan terpusat harus mampu diterapkan sebagai sistem penyimpanan sementara untuk menyeimbangkan beban puncak. Selama masa beban lemah, energi surya dan energi angin dialirkan ke dalam baterai. Pada saat beban puncak, energi dari sistem photovoltaics, generator angin, dan baterai dimasukkan ke dalam jaringan listrik. 

“Sekarang, kita tahu mana sel lithium-ion yang cocok terbaik untuk sistem penyimpanan terpusat,” kata Gutsch. Tahap pertama dari sistem modular akan dibangun di KIT pada akhir 2012. Di kabarkan proyek ini akan memiliki kapasitas 50 kW.