Kalau dipikir-pikir, alangkah baiknya jika setiap orang memiliki robot yang cerdas, mungil, manis, dan cukup berkemampuan “serba guna”, di mana pun dan kapan pun. Sebagai teman yang menyenangkan, robot ini dinamakan NAO Next Gen Bot, atau gampang saja sebut NAO. Ia diciptakan dan diproduksi oleh Aldebaran Robotics, di Paris, yang dipimpin oleh pendirinya, Bruno Maisonnier. NAO berkekuatan 1,6 GHz, yang dilengkapi dengan 2 kamera HD. NAO yang memiliki berbagai kemampuan untuk bertugas, memang semula diperuntukkan terutama bagi anak-anak penderita autistik dan para mahasiswa yang melakukan studi dan riset. Namun selanjutnya juga bisa digunakan oleh siapa saja, termasuk Anda. Bayangkan, betapa asyiknya jika Anda juga bisa berbincang-bincang dengan NAO, karena ia memiliki kemampuan untuk mengisolasi dan mengenal kata-kata dalam kalimat-kalimat. Tunggu dulu, bukan hanya itu, NAO juga bisa mengenali wajah Anda dan gerakan-gerakan Anda, bahkan Anda bisa mengajaknya berjalan-jalan dan bermain-main, karena jari-jarinya juga bisa memegang bola, tidak ubahnya Anda memelihara anjing yang cerdas dan setia.

Pada dasarnya, Anda memprogram NAO untuk melakukan apa yang Anda kehendaki untuk dilakukannya, misalnya saja memungut ballpoint Anda yang terjatuh di lantai kantor. Ia pun bisa berbicara kepada Anda, dan mendorong Anda untuk tetap bekerja. Bagaimana jika baterainya lemah? Tidakkah ini juga akan sedikit merepotkan Anda? Jangan khawatir. Anda bisa mengajar NAO agar sanggup menancapkan stekernya sendiri, sehingga dayanya menjadi pulih kembali.

Konon kabarnya kini sudah lebih dari 2000 buah NAO terjual di seluruh dunia. Jumlah itu mungkin relatif  kecil, karena harganya juga relatif mahal, antara $16,000 – $18,000 per buah. Memang NAO sengaja diperlengkapi dengan “rasa manusiawi”, dan bermanfaat untuk digunakan di sekolah-sekolah, dalam membantu mengajar murid-murid.

NAO memang merupakan salah satu di antara 10 penemuan top teknologi sepanjang tahun 2012 ini. Bukan tidak mungkin, satu waktu Anda juga bisa memiliki NAO. Setuju?