Walt Disney Co, perusahaan hiburan terbesar di dunia membukukan laba yang cukup tinggi pada kuartal ketiga. Laba bersih melonjak 24% menjadi US$ 1,83 miliar atau USS$ 1,02 per saham, dari USS$ 1,48 miliar setahun sebelumnya. Sementara angka penjualan juga tumbuh 3,9% menjadi USS$ 11,1 miliar.

Meningkatnya laba dedengkot film dunia ini dipengaruhi oleh prestasi yang ditorehkan film “The Avengers”. Menurut peneliti Box Office Mojo, film yang dirilis di Amerika Serikat pada 4 Mei ini merupakan film terlaris sepanjang tahun 2012 di seluruh dunia serta terlaris ke-3 sepanjang waktu. “Avengers” sendiri meraup US$ 1,5 miliar dari penjualan tiket di seluruh dunia. Dengan keberhasilan ini, kemungkinan besar Avengers akan dibuat sekuel selanjutnya.

Sementara itu, berita baik ini juga turut memicu kenaikan saham Disney. Saham Walt Disney ini telah meningkat 35% tahun ini serta menempati urutan keempat dalam indeks saham S & P 500.

Tak hanya dari “The Avengers”, keuntungan juga didapat dari meingkatnya laba jaringan TV Disney yang naik 1,5% menjadi US$ 2,13 miliar. Dari sektor taman hiburan Disneyland dan resort, Walt Disney meraup penghasilan US$ 630.000.000.