Tim peneliti dari Universitas Toronto dan Universitas Raja Abdullah dikabarkan telah membuat terobosan baru dalam pengembangan Colloid Quantum Dot (CQD) film untuk penggunaan efisiensi sel surya. Para peneliti tersebut dipimpin oleh Profesor Ted Sargent yang menciptakan sel surya dari bahan terbaik dunia dengan capaian efisiensinya sekitar 7,0%. Selain itu pula, CQD film ini diklaim dapat dibuat dengan cepat dan dengan biaya yang rendah.

Penelitian ini membuka jalan untuk solar sel yang dapat dibuat pada substrat yang fleksibel dengan cara yang sama dan dapat diproduksi dengan jumlah massal. Untuk meningkatkan efisiensi, para peneliti mencoba  mengurangi jumlah “traps” elektron yang terkait dengan kualitas penggunaan yang kurang baik. Di lain pihak, secara bersamaan menjamin film untuk menyerap cahaya sebanyak mungkin. 

Kemajuan selangkah ini minimal membuka banyak jalan untuk penelitian lebih lanjut dan perbaikan perangkat efisiensi, yang dapat berkontribusi bagi masa depan yang cerah, khususnya dengan energi matahari yang dapat diandalkan, dan tentunya biaya yang rendah.