Sebagai salah satu solusi mengatasi krisis energi, turbin angin ternyata memiliki efek samping yang tidak bisa dianggap remeh. Salah satunya adalah dampak instalasi turbin angin terhadap menyusutnya populasi kelelawar yang memegang peranan penting bagi lingkungan. Jika dulu dipercaya hanya turbin angin besar yang memberikan dampak langsung pada satwa liar, sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Jeroen Minderman, dari University of Stirling menyatakan bahwa instalasi turbin angin kecil juga dapat secara signifikan menurunkan habitat kelelawar.

“Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa burung dan kelelawar sangat terganggu dengan turbin besar. Oleh karena itu kami merasa itu penting untuk mengatasi kesenjangan pengetahuan dengan menentukan apakah efek tersebut juga berlaku untuk turbin angin kecil.

Untuk itu, para peneliti saat ini tengah mengeksplorasi solusi baru untuk mengurangi kematian kelelawar pada instalasi turbin angin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas burung tidak secara signifikan dipengaruhi oleh turbin, tetapi 54% aktivitas kelelawarsangat dipengaruhi turbin. Para peneliti juga merekomendasikan bahwa instalasi turbin angin setidaknya 20 meter dari habitat kelelawar.