Techmeme melaporkan Microsoft telah mulai memberitahukan para  pengembang Windows bahwa mereka akan hentikan penggunaan kata “Metro” di seluruh aplikasinya jika mereka merujuk pada Windows Phone atau Windows 8. Salah satu sumber, mengatakan kepada bahwa perubahan itu dikaitkan dengan sengketa antara Microsoft dan perusahaan Jerman atas penggunaan penamaan Metro. Pengembang telah diberitahu bahwa mereka seharusnya tidak menggunakan istilah lagi dalam aplikasi atau dokumentasi yang terkait.

Microsoft telah menggunakan Metro sebagai nama kode internal untuk tipografi bahasa berbasis desain. Unsur-unsur prinsip-prinsip Metro hadir dalam produk Zune perusahaan dan memainkan peran besar dalam Windows Phone 7. Microsoft saat ini mengacu pada gaya baru dari Windows 8 aplikasi sebagai yang gaya Metro, meskipun itu tampaknya sesuatu yang mereka berencana untuk turun.

“Kami telah menggunakan gaya Metro sebagai nama kode selama siklus pengembangan produk di banyak lini produk kami,” kata juru bicara Microsoft. “Ketika kita lebih dekat untuk memulai dan transisi dari dialog industri untuk dialog konsumen yang luas kami akan menggunakan nama komersial kami.” Microsoft menolak untuk mengomentari apakah bergerak dari penamaan Metro terkait dengan sengketa merek dagang potensial.