Berapa sesungguhnya nilai dari bisnis energi gelombang dan pasang surut lautan? Carbon Trust, sebuah organisasi nirlaba di Inggris mengatakan bahwa energi ini memiliki potensi sebesar 3 miliar pound atau sekitar $ 4,7 miliar per tahun bagi perekonomian Inggris.

“Industri energi gelombang juga berpotensi menghasilkan 26.000 lapangan kerja baru,” ujar Stephen Wyatt, kepala percepatan teknologi Carbon Trust.

“Energi dari gelombang dan pasang surut memiliki potensi untuk memenuhi 11% dari kebutuhan energi di Inggris saat ini,” lanjutnya.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada proyek-proyek berskala komersial yang beroperasi akibat masih terbatasnya teknologi yang bisa dikembangkan.

Pengembang enegi ini masih perlu menurunkan biaya instalasi serta membuktikan ketangguhan teknologi mereka. Biaya energi dari gelombang saat ini sekitar $ 484/megawatt-jam dan energi pasang surut sekitar $ 440/megawatt-jam. Bandingkan dengan energi dari batu bara yang hanya $ 82 megawatt-jam.

Jika di Inggris saja memiliki potensi yang sedemikian besar, bagaimana dengan potensi di negri bahari seperti Indonesia?