Gelaran pesta olahraga terbesar di dunia sedang dipertontonkan di London saat ini. Ratusan dan bahkan ribuan atlet dari puluhan negara turut berpartisipasi dalam Olimpiade kali ini. Olimpiade memang tidak hanya menyuguhkan pertandingan seru di banyak cabang olahraga. Olimpiade juga menjadi ajang untuk memupuk persahabatan antar negara. Pun dalam Olimpiade kali ini, masyarakat dunia justru dikejutkan dengan perkembangan teknologi yang turut dipamerkan. Berikut beberapa teknologi unggulan dalam Olimpiade 2012.

Kamera robot

Getty Images akan menginstal kamera robot di beberapa lokasi di Olimpiade. Kamera-kamera ini dapat dikontrol dari jarak jauh serta dapat berputar 360 derajat. Kamera ini tentu sangat membantu untuk memberikan gambar di tempat-tempat yang tidak terjangkau fotografer.

  Two Part Track

Inovasi ini dilakukan pada lintasan lari. Jika pada desain trek lainya menggabungkan traksi dan penyerapan getaran di atas lapisan dari butiran karet, trek Mondo yang akan digunakan memisahkan fungsi-fungsi ini, dengan dukungan bantal untuk penyerapan getaran dan lapisan atas yang solid. Inovasi ini akan meminimalisir terpelesetnya pelari.

Prosthetics

Prosthetics merupakan kaki palsu yang khusus dibuat dari serat karbon prostetik. Adalah pelari asal Afrika Selatan, Oscar Pistorius yang dijuluki “blade runner” yang akan menjadi atlet berkaki palsu pertama dalam sejarah Olimpiade yang turut bertanding dengan para atlet normal. Pistorius akan bertanding pada sprint 400 meter dan estafet 4×400 m.

   Sepeda Virtual

Para atlet sepeda Australia memilih untuk berlatih menggunakan sepeda virtual. Dengan menggunakan sepeda ini, para atlet merasa telah bersepeda ber mil-mil meski sebenarnya mereka hanya bersepeda di tempat.

   NASA treadmill:

Pelari Amerika Shannon Rowbury, telah berlatih dengan menggunakan treadmill milik badan antariksa NASA yang disebut  AlterG. Treadmill ini menggunakan teknologi anti-gravitasi dimana penggunanya hanya akan merasakan 20% dari berat badan mereka.

    Electronics Blocks

Inovasi ini akan bermanfaat dalam pertandingan renang. Teknologi yang dibuat oleh Omega ini akan membantu memperjelas siapa yang menempati posisi pertama ataupun kedua dalam pertandingan renang.

     Jump Kick Sensors

Teknologi ini akan berguna dalam pertandingan taekwondo. Inovasi ini akan meminimalisir kesalahan wasit dalam menilai akurasi tendangan dan kekuatan para atlet.