Mungkin untuk menyalakan sebuah mobil tidak butuh tombol tertentu, bahkan kunci. Kedua hal itu bagi Hans Roth Direktur Teknologi di Harman merupakan teknologi lama. Kini, cukup dengan kedipan mata atau gerakan lainnya di wajah, kita bisa kendalikan fungsi-fungsi di kendaraan. Apa bisa?

Saat ini para ahli telah membuat sensor infra-merah untuk dipasang di dashboard. Sensor itu diklaim sanggup mengenali gerakan wajah. Gerakan wajah itu diidentifikasi oleh komputer yang terhubung dengan kendali radio, Sat Nav, AC dan telepon Selular. Efeknya adalah mesin kendaraan Anda menyala.

Hebatnya, sistem itu bisa membedakan kedipan spontan dan kedipan disengaja untuk menyalakan atau mematikan radio. Bagaimana dengan memperbesar atau mengecilkan suara? pengemudi tinggal  memiringkan kepalanya ke kiri atau kanan. Mengganti lagu atau saluran radio? cukup dengan menyentuh kemudi.

Lalu, bagaimana mengatur AC? hanya perlu menggerakkan tangan kiri ke atas atau ke bawah batang presneling. Menelepon bahkan bisa dilakukan dengan menyebutkan nama orang yang dituju. Terlebih dulu, si pengemudi membuat gerakan tangan seperti tanda call me.

Hans Roth mengemukakan sistem yang dibangun perusahaannya itu siap masuk pasaran paling lambat tiga tahun lagi. Dia mengatakan sistem tersebut telah dicoba dan kedipan mata dapat mengaktifkan radio maupun pemutar musik.