Berdasarkan laporan dari Techspot, secara mengejutkan Google bersama tim produksinya ASUS berhasil menciptakan saingan tablet Amazon yaitu Kindle Fire, dengan ukuran layar dan harga yang sama. biaya yang dibutuhkan oleh Google dan Asus untuk membangun sebuah tablet Google Nexus 7 ternyata tidak terlalu mahal. 

Untuk membuktikan pernyataan Google, IHS iSuppli telah membongkar Nexus 7 dan menemukan titik temu yang memperlihatkan bahwa biaya membangun sebuah tablet berukuran 7 inci ini pada versi 8GB adalah US$151,75. Sementara biaya produksi Nexus 7 kapasitas 16GB tidak terlampau jauh, hanya sebesar US$159,25.

Sebelumnya, terdapat pihak lain yang juga melakukan pembongkaran terhadap perangkat Android milik Google tersebut. Adalah TechInsights yang melakukannya sebelum iSuppli. Namun, angka yang dikeluarkan oleh TechInsights lebih besar dibandingkan dengan perkiraan iSuppli, yakni US$184.

Seperti diketahui, pada saat peluncurannya, Google mengatakan bahwa tablet Google Nexus bakal bisa diperoleh dengan harga US$199. Terlepas dari perkiraan pihak mana yang benar, Google tak akan memperoleh profit yang besar dari penjualan Google Nexus 7 8GB. Namun hal berbeda untuk Google Nexus 16 GB yang dijual seharga US$249. iSuppli memperkirakan bahwa biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah tablet 16 GB tersebut adalah US$159.25.