Sebuah riset dari Nielsen Amerika Serikat tentang smartphone menunjukkan bahwa rakyat Amerika Serikat lebih memilih menggunakan smartphone dengan operating system Android ketimbang yang lainnya. Hasil riset tersebut juga memperlihatkan 51.8% warga Amerika Serikat memilih smartphone yang dijalankan dengan OS Android, sebanyak 34.3% menggunakan Apple OS (iOS), sebanyak 8.1% menggunakan BlackBerry, dan 5.9% sisanya menggunakan OS lainnya. 

Disinyalir kepopuleran Android di Negeri Paman Sam yang dipicu dengan masuknya Samsung dengan Galaxy-nya. Tapi, kendati Android menjadi OS paling populer saat ini, Apple masih menjadi vendor pilihan yang merebut market share 34%, diikuti oleh Samsung dengan 17% dan HTC dengan 14%.

Selain itu, riset ini juga menunjukkan hasil bahwa mayoritas warga Amerika Serikat lebih memilih smartphone dibandingkan ponsel biasa. Riset yang dilakukan pada bulan Juni lalu menunjukkan bahwa 2 dari 3 orang Amerika Serikat lebih memilih smartphone dibandingkan dengan feature phone tradisional yang tidak memiliki kemampuan multimedia yang belakangan sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Riset tersebut menyebutkan bahwa sebanyak 54.9% dari warga Amerika Serikat pemilik ponsel yang mengikuti survey sudah memiliki smartphone.