Siapa yang tak mengenal telur?. Produk makanan yang satu ini dikenal dengan kandungan protein yang tinggi. Telur juga mengandung asam amino yang sangat diperlukan tubuh. Tak heran, banyak orang yang mengkonsumsi dan menyukai telur.

Sayangnya, masih banyak dari kalangan anak-anak yang alergi makan telur. Bagi yang alergi telur, biasanya memilih menghindari makan telur ataupun produk olahannya. Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat kandungan protein telur yang sangat tinggi.

Namun, para peneliti dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak di University of North Carolina School of Medicine di Chapel Hill telah menemukan cara jitu untuk mengatasi alergi ini. Dalam hasil penelitian yang dirilis oleh New England Journal of Medicine itu, ditemukan bahwa dari 40 anak yang diberikan telur putih bubuk, 11 diantaranya tidak lagi alergi telur. Pemberian bubuk telur putih secara simultan dari waktu ke waktu ternyata dapat mengurangi rasa alergi pada telur.

Penelitian ini melibatkan 55 anak dari usia 5 sampai 18 yang  alergi telur. Lima belas anak-anak diberi plasebo sedangkan sisanya diberi sedikit bubutk putih telur untuk dicampur ke dalam makanan mereka.

Setelah 10 bulan, anak-anak diberi tantangan makanan untuk melihat apakah mereka bisa makan setara dengan sekitar satu butir telur. Hasilnya, 55% dari mereka tidak lagi menunjukkan gejala alergi. Setelah 22 bulan, peneliti memberikan tantangan untuk memakan setara dengan sekitar dua telur utuh dalam bentuk bubuk. Hasilnya 75% anak-anak berhasil.

“Lebih dari seperempat anak-anak dalam penelitian kami berhasil menghilangkan alergi telur mereka sama sekali,” ujar Robert Wood, salah seorang peneliti.