Sejak di luncurkan sekitar dua tahun yang lalu, ternyata Pinterest tahun ini mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Bahkan situs jejaring sosial berbasis foto ini bisa menduduki peringkat ketiga sosial media yang paling banyak dikunjungi setelah Facebook dan Twitter. Peningkatan ini ditandai dengan meroketnya jumlah unique visitor yang mengunjungi laman Pinterest. Januari 2012 lalu hanya terdapat 2 juta namun meningkat menjadi dua kali lipatnya menjadi 4 juta unique visitor pada Maret 2012.

Adalah Tamba sebuah sosial media marketer yang melakukan penelitian ini dan menyatakan bahwa pengguna Pinterest di dominasi oleh perempuan dengan usia antara 25 hingga 54 tahun. Pengguna wanita ini menempati 80 persen pemakai situs yang di investori oleh Brian Cohen ini. Tamba juga menambahkan bahwa pengguna pria juga mengalami peningkatan dari yang hanya 20 persen Januari lalu menjadi 28 persen pada bulan Maret. Media Pinterest ini juga dapat digunakan sebagai media promosi seperti halnya Facebook dan Twitter. 

Maka dari itu, untuk mengambil keuntungan dari kepentingan meledak dan masyarakat yang tumbuh di Pinterest, kemungkinan besar Anda akan perlu untuk memotivasi orang untuk berbagi konten Anda. Yang seharusnya, pada gilirannya, mengarahkan lalu lintas ke website Anda. Berikut adalah beberapa panduan yang harus diikuti untuk membantu mempromosikan berbagi:

Membangun hasrat orang untuk membagi konten Anda.

Karena Pinterest adalah jaringan sosial berorientasi visual, Anda harus fokus pada gambar dan grafis yang orang secara alami akan ingin berbagi dengan kembali berbagi. Luangkan waktu mengklik melalui papan Pinterest acak untuk melihat apa yang kembali disematkan paling sering. Umumnya, Anda akan melihat gambar-berat posting, Infografis dan daftar. Anda tidak akan melihat banyak artikel teks polos sedang bersama – mereka hanya tidak sebagai estetis pada papan Pinterest.

Menanamkan pilihan yang berbagi di konten Anda.

Selain menciptakan “virus-layak konten”, Anda akan ingin membangun pilihan berbagi sosial ke dalam Pinterest-siap posting di situs Anda. Jika Anda menjalankan situs WordPress, plugin ShareThis dan Digg menawarkan solusi otomatis yang akan menambahkan “Pin ini” tombol untuk setiap posting di situs Anda.

Jika Anda menjalankan situs HTML statis atau memilih untuk tidak menggunakan salah satu plugin, memeriksa Pinterest “Goodies” halaman untuk rincian tentang cara menginstal secara manual tombol Pinterest berbagi di situs Anda dan dalam konten Anda.

Dorong pembaca untuk berbagi konten Anda di Pinterest.

Jangan berasumsi bahwa pengguna secara otomatis akan berbagi konten Anda. Banyak perlu ekstra mendorong untuk pergi atas dan di luar hanya membacanya. Untuk alasan ini, pertimbangkan untuk meminta pengguna untuk berbagi konten Anda di Pinterest. Setelah Anda telah membuat sebuah artikel pin-layak, misalnya, tambahkan baris seperti ini di akhir teks: “Seperti artikel ini Silahkan luangkan waktu Anda untuk berbagi di Pinterest.” Anda juga dapat menambahkan berbagi Pinterest petunjuk untuk pesan yang dikirim ke daftar pemasaran Anda email, untuk signature forum Anda atau di profil Anda yang lain jaringan sosial. Membuat panggilan Anda untuk bertindak sebagai relevan mungkin dengan kelompok tertentu yang Anda targetkan dan orang mungkin akan berbagi konten Anda di Pinterest.

Aktif di Pinterest.

Sementara tiga pertama tips yang ditutupi tindakan spesifik untuk mengambil di website Anda untuk mendorong berbagi, itu sama pentingnya untuk mempertahankan kehadiran aktif di Pinterest itu sendiri. Itu tidak berarti menyerobot masuk untuk menyampaikan konten promosi di papan Pinterest Anda sendiri. Campur tangan seperti itu mungkin tidak akan dihargai dan dapat menurunkan kesempatan Anda memiliki konten Anda bersama.

Setidaknya dengan empat jurus tersebut, mampu membantu brand produk Anda semakin kuat di benak masyarakat.