Apa yang ada di benak kita ketika melihat cat, ya tentu saja cat adalah warna yang dijadikan pelengkap untuk menghiasi dinding. Visualisasi cat dapat menenangkan penglihatan kita ketika memandangnya. Namun, apa yang akan terbesit di benak kita, ketika cat dapat menyalakan perabot di dalam rumah layaknya listrik.

Sebuah tim peneliti dari University of Notre Dame, Amerika Serikat, berhasil melakukan loncatan ke depan tentang visi cat penghasil listrik dengan menciptakan “cat surya” berbiaya rendah. Cat ini menggunakan semacam partikel semikonduktor berukuran nano untuk memproduksi energi listrik. “Kami ingin melakukan sesuatu yang transformatif, bergerak maju melebihi teknologi solar sel berbahan dasar silikon yang selama ini berkembang”, kata Prashant Kamat, Profesor Ilmu Pengetahuan Bidang Kimia dan Biokimia di Notre Dame’s Center for Nano Science and Technology (NDnano), yang memimpin penelitian.

Kamat mengatakan, dengan menggabungkan kekuatan memproduksi partikel nano yang disebut titik-titik kuantum menjadi senyawa yang tersebar, ia telah membuat satu mantel cat surya yang dapat digunakan pada setiap permukaan konduktif tanpa perlu peralatan khusus. Ketika cat tersebut dioleskan ke bahan konduktif transparan, lalu dikenai sinar, ia akan menghasilkan listrik.

Sesederhana itu cara cat surya menghasilkan listrik. Cat surya pun dapat diproduksi dalam skala besar dengan biaya yang relatif murah. Dan tentu saja terobosan-terobosan baru untuk menghemat energi di masa depan akan terus dikembangkan.