Di seluruh dunia telah banyak beredar kendaraan berenergi listrik, mulai dari sepeda listrik hingga mobil listrik. Karena harga BBM yang kian melambung dan asapnya yang tak ramah lingkungan, orang pun banyak beralih ke kendaraan listrik. Namun, hingga saat ini inovasi kendaraan listrik masih memiliki kendala, salah satunya kapasitas baterai yang masih kecil serta waktu pengisian baterai yang lama. 

Hal ini memicu sebuah perusahaan pendiri perpustakaan Palo Alto telah menciptakan baterai karbon silikon baru yang membawa kira-kira dua kali lebih banyak energi per gram sebagai baterai saat ini, membuka jalan untuk jarak listrik mobil untuk drive hingga 300 mil pada satu biaya.

Seperti yang dilaporkan Redhearing, Envia sistem menciptakan lithium-ion kemasan baterai yang menghasilkan 400 watt-jam per kilogram, disahkan oleh tes independen energi di Naval Surface Warfare Center, Crane, “Kami telah membuat 40 sel  ampere dalam format besar dan itu bekerja secara otomatis yang mobil dapat menggunakannya,” kata Sujeet Kumar, pendiri dan CTO Scientific American. 

Perusahaan menerapkan penelitian yang dilakukan di Laboratorium Nasional Argonne yang digunakan maganese dalam campuran bahan untuk katoda (elektroda yang lithium ion mengumpulkan) untuk menciptakan kepadatan energi yang lebih kuat. Envia difokuskan pada anoda, elektroda dari mana ion lithium mengalir untuk membuat arus listrik, dan silikon dimasukkan bersama dengan grafit standar untuk yang secara dramatis meningkatkan kinerja. 

Campuran dari silikon dengan karbon meminimalisir masalah pada anoda silikon dan menjaga biaya agar tidak membengkak. Percobaan Envia battery telah diulang selama 400 kali penghitungan. Teknologi ini juga menerapkan “landasan pacu termal,” berbicara rekayasa pada saat proses baterai ke dalam api, pada dasarnya hal ini bermasalah di perangkat penyimpanan energi padat yang menggabungkan baterai lithium-ion. 

“Ini terutama bahwa sel-sel lebih tipis,” kata Kumar Scientific American. “Ini sangat mudah untuk menghapus panas.”lanjutnya.

Saat ini baterai yang murah biasanya memberikan kontribusi 65 persen dari biaya sebuah mobil listrik. Jika baterai berdiri untuk pemeriksaan lebih lanjut, mereka bisa memungkinkan DAUN Nissan melakukan perjalanan 300 mil di satu biaya, dibandingkan dengan 80 mils. Envia baterai mampu memungkinkan mobil listrik untuk benar-benar praktis.

“Kami berharap generasi berikutnya Envia lithium-ion akan merevolusi [kendaraan listrik] industri dengan menghilangkan tiga hambatan yang tersisa untuk adopsi massal: biaya, jangkauan, dan keselamatan,” tutupnya.