Apakah anda termasuk orang yang sering mengalami kecemasan? Jika iya, anda harus berhati-hati. Dalam studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Brigham and Women’s Hospital (BWH), menunjukkan bahwa kecemasan akan memicu penuaan dini.

Dalam studi yang dirilis pada 11 Juli 2012 ini, para peneliti menggunakan sampel darah dari 5.243 wanita dalam rentang usia 42 sampai 69 tahun. Dalam studi ini, diketahui kecemasan akan mempengaruhi Telomeres.

Telomeres merupakan DNA-protein kompleks di ujung kromosom. Telemores melindungi kromosom dari kerusakan dan menjaga informasi genetik di ujung kromosom selama pembelahan sel. Telomeres lah yang menentukan penuaan seseorang.

Wanita yang memiliki tingkat kecemasan tinggi, cenderung mengikis telomer secara signifikan. Dengan menurunya tingkat telemores, secara otomatis maka akan terjadi penuaan dini secara biologis.

“Penelitian ini penting untuk menunjukkan hubungan antara bentuk umum dari stres psikologis dan mekanisme yang masuk akal untuk penuaan dini”, ujar Olivia Okereke, salah seorang peneliti.