Seperti yang dilaporkan globalsolartechnology.com, sebuah alat yang baru dan sangat serbaguna AC / DC meteran klem telah diperkenalkan untuk pengukuran daya yang efektif dan tes diagnostik sistem PV tenaga surya. 

Dengan performa yang tinggi alat Seaward Solar Power Clamp mampu mengukur tegangan DC dan AC , selain itu juga untuk mengetahui secara pasti tegangan RMS , distorsi harmonic, faktor daya, daya tahan dan kontinuitas, serta mengecek dioda dan kapasitansi.  

Meteran listrik canggih ini telah dirancang khusus untuk digunakan installer PV surya dan teknisi yang membutuhkan pengukuran daya dan analisa pada sistem AC dan DC serta melakukan pemeriksaan diagnostik pada inverter.

Sebagaimana diketahui bahwa PV sistem dapat bertahan sekitar 25 tahun, maka dari itu inspeksi dan pengujian berkala diperlukan untuk memastikan bahwa PV beroperasi secara efisien dan menghasilkan daya maksimum yang terus disuplai. Sebagai industri yang sudah matang diharapkan ada peningkatan yang signifikan pada volume inspeksi berkala dan pekerjaan perawatan, serta tentunya membuat Solar Power Clamp menjadi sebuah alat yang ideal untuk pekerjaan ini.

Power Clamp dapat digunakan untuk perawatan dan pemecahan masalah pada sistem PV untuk memastikan bahwa inverter dan komponen sistem lainnya bekerja dengan benar. Untuk analisis efisiensi daya, Power Seaward Clamp bekerja melalui kabel untuk mengukur arus dari inverter dan tersedia dalam-line konektor yang dapat digunakan untuk mengukur tegangan DC sedangkan modul PV yang terhubung ke inverter, memberikan pembacaan yang akurat dari kekuatan sementara sistem yang operasional. Instrumen baru tersebut merupakan bagian dari Seaward Solar instrumentasi spesialis uji dan aksesoris untuk sektor PV surya.