Tren akusisi perusahaan pembuat software di AS semakin meningkat belakangan ini. Menurut data yang dirilis Bloomberg, tak kurang dari 530 transaksi akusisi terjadi sepanjang tahun ini. Akuisisi produsen software ini juga dilakukan oleh perusahaan pembuat PC terbesar ketiga di dunia asal Amerika Dell.

Setelah rumor yang beredar beberapa bulan yang lalu, Dell semakin mendekati kesepakatan untuk membeli saham Quest Software Inc, perusahaan pembuat software untuk mengelola sistem komputer perusahaan.

Dengan akuisisi senilai $ 27,50 per saham atau sekitar $ 2.320.000.000 ini, Dell akan memiliki teknologi cloud computing (komputasi awan) untuk membantu pelanggan. Perangkat lunak Quest memang memungkinkan perusahaan mengelola database dan server, serta cadangan informasi dan memulihkan data yang hilang. Sebelumnya, pada bulan Maret lalu Quest sudah dibeli perusahaan investasi Insight Venture Partner dengan nilai sekitar  $ 2 miliyar.

Dengan adanya teknologi cloud computing, Dell berharap dapat meningkatkan pendapatan dari penyimpanan data sebesar 45% menjadi  $ 27500000000 pada tahun fiskal 2016. Hal ini disebabkan karena penjualan PC dan notebook yang semakin menurun.