Perkembangan teknologi semakin pesat khususnya smartphone. Para produsen berlomba-lomba membuat inovasi dan kemudahan untuk para penggunanya. Salah satunya Huawei. Vendor ponsel asal Cina, Huawei, memperkenalkan tiga seri ponsel terbarunya. Ada tiga produk yang akan diluncurkan di antaranya Huawei Ascend Platinum (P) 1, Gold (G) 300, dan Young (Y) 200. Ponsel ini diperkirakan baru mulai dijual di Indonesia pada akhir bulan ini atau awal Juli mendatang dan akan dipamerkan dalam ajang Indonesia Cellular Show (ICS) di JCC, Jakarta, 6-7 Juni 2012.

Menurut Legi Soegianto, Senior Product Manager Device Department, Indonesia, dalam media briefing di Menara Jamsostek kemarin, dia menjelaskan bahwa masing-masing tipe mempunyai segementasi pasar yang berbeda. Seperti Ascend P1 di mana segementasi pasar difokuskan untuk kelas menengah ke atas, G300 untuk kalangan menengah, sementara Y200 bagi kalangan pemuda. 

Walaupun informasi secara detail mengenai harga resmi belum dipastikan, namun ketiganya digadang-gadang memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan dengan ponsel cerdas atau smartphone lain di kelasnya. Ascend P1 memiliki prosesor dual-core 1,5 GHz. Harganya berada pada kisaran Rp 4 juta. “Di pasaran saat ini belum ada smartphone dual core dengan harga sekitar Rp 4 juta,” ujar Legi . 

Ascend P1 juga telah mengggunakan sistem operasi Android terbaru, yaitu Ice Cream Sandwich, dengan bentang layar 4,2 inci AMOLED QHD 960 x 540 FWGA dengan Corning Gorilla Glass. Kamera belakang sebesar 8 megapiksel dengan autofokus serta kamera depan 1,3 megapiksel telah ditanamkan dalam ponsel ini. Untuk Ascend P1 baru dirilis diberbagai negara seperti Cina, Eropa, dan Amerika. 

Sementara Huawei Ascend G300 memiliki bentang layar 4 inci dengan resolusi 800 x 480 piksel, dan ketebalan 10,5 milimeter. Smartphone ini menggunakan OS android Gingerbread yang dapat diupgrade ke Ice Cream Sandwich, serta prosesor single core 1GHz dari Qualcomm. Ponsel dengan kamera 5 megapiksel ini akan dilepas dalam kisaran harga Rp 2 juta.

Kemudian Huawei Ascend Y200, ponsel Android Gingerbread dengan bentang layar 3,5 inci ini dilengkapi dengan prosesor 800 MHz, RAM sebesar 256 MB dan 512 ROM yang dapat ditingkatkan menjadi 32 GB dengan microSD. Ponsel dengan kamera 3,2 megapiksel ini akan dibandrol dalam kisaran harga Rp 1,2 juta.

Selain itu, untuk mengefisiensi penggunaan baterai, Huawei juga telah membuat inovasi teknologi yang mampu menghemat 30 persen daya. “Karena itu, meskipun memiliki baterai dengan kekuatan yang sama, ponsel ini dapat bertahan lebih lama,” ujarnya. Ascend P1, dengan baterai sebesar 1.670 mAh, diklaim mampu bertahan satu hingga dua hari dengan pemakaian normal.

Ketika disinggung mengenai target penjualan, Legi menjelaskan belum bisa ditargetkan sebab mengingat ponsel cerdas ini baru menjajaki pasar di Indonesia. “Target pasti ada, namun saat ini belum bisa ditargetkan. Walaupun belum bisa ditargetkan di Indonesia, Huawei dalam skala global menduduki peringkat ke 5 sebagai produsen android”, terang Legi.