Microsoft memperkirakan akan ada 350 juta perangkat berbasis Windows 7 hingga akhir 2012, sebuah angka yang cukup fenomenal mengingat ‘kegagalan’ mereka sebelumnya dengan Windows Vista. Menurut Bloomberg, permintaan dari perusahaan menjadi faktor utama keberhasilan Windows 7 hingga melampaui perkiraan Microsoft pada saat awal peluncuran Windows 7.

Dengan fakta ini, CEO Microsoft Steve Ballmer, mengatakan bahwa Windows 7 meripakan sistem platform single yang paling populer di pasar. Di saat penjualan Windows 7 masih terus berlangsung, Microsoft akan meluncurkan generasi sistem operasi selanjutnya, Windows 8, dimana Microsoft mengambil langkah baru dengan menghilangkan ikon start button. Microsoft menawarkan desain baru yang tidak tradisonal.

Sistem operasi terbaru tersebut disebut-sebut tidak akan diluncurkan hingga akhir tahun 2012 ini. Namun rumor yang mengatakan paling tidak setelah Oktober 2012 baru ada kemungkinan peluncuran Windows 8. Meskipun demikian, versi preview sudah dapat diunduh pada awal Juni mendatang. Rencananya Windows 8 diluncurkan bersamaan sistem operasi untuk tablet untuk bersaing dengan iOS dan Android.

Steve Ballmer, dalam pidatonya di Seoul Digital Forum hari ini (23/5) memperkirakan Windows 8 akan digunakan oleh 500 juta pada akhir 2013 mendatang. Dalam kesempatan yang sama, Ballmer mengatakan Windows 7 dan Windows 8 akan menjadi simbol kelahiran kembali Microsoft.