50 Juta disediakan Bagi Pemenang Indigo Fellowship 2012

84
Telkom Indigo

Agaknya siang itu tidak seperti biasanya di lantai 4 gedung Research and Development Centre (R&D) PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), Bandung, tiga hari yang lalu. Banyak orang yang berduyun-duyun mengunjungi peresmian dibukanya kompetisi Indigo Fellowship 2012 khususnya para developer yang akan mengikuti acara ini. Indigo Fellowship merupakan acara tahunan yang digelar  sejak tahun 2009 oleh Telkom bekerjasama dengan Masyarakat Industri Kreatif, Teknologi, Informasi, Komunikasi, Indonesia (MIKTI) sebagai sarana menciptakan dan mengembangkan insan kreatif digital di Indonesia.

Kali ini tema yang dibawakan “For Brighter Digital Creativepreneur”. Menurut Ketua Dewan Juri Hari S. Sungkari, acara indigo fellowship 2012 bukanlah acara hanya untuk main-main. “Selain kompetisi, tujuannya untuk menumbuhkan creative digitalpreneur, jadi bukan untuk iseng-iseng”, katanya.

Kategori di tahun ini berbeda dengan sebelumnya, ada 12 pemenang yang akan dipilih untuk Indigo tahun 2012 ini dengan masing-masing 3 pemenang untuk 4 kategori berbeda. “Total nanti dipilih 12 pemenang atau tiga juara dari tiap kategori,” ujarnya. Kategori yang dilombakan antara lain Application & Content for Tourism, Health, Education; Comic, Animation, Social Game; Short Movie & Video Clip dan Digital Radio. Dengan catatan, khusus kategori yang terakhir merupakan penghargan khusus yang diberikan Telkom Group kepada Suararadio.com.

Syarat lomba di antaranya, sudah ada produk karya, orisinal, dan siap masuk pasar. Karya juga berpotensi meraih keuntungan dan punya prospek untuk bekerja sama dengan PT Telkom.

General Manager Multimedia PT Telkom Jodie Hernadi juga mengatakan lomba dibuat untuk mendorong berkembangnya industri digital kreatif di Indonesia. Meskipun begitu, kata dia, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi para kreator, seperti masalah broadband, pembajakan karya, dan kurangnya sumber daya manusia. Untuk pengembangan karya para pemenang agar siap komersial, kata Jodie, disiapkan dana Rp 5 miliar per tahun.

Selain mendapatkan benefit berupa uang sebesar  50 juta bagi pemenang karya terbaik dan  mendapatkan mentoring, ada kesempatan untuk dipilih oleh Telkom dan mendapatkan bantuan modal serta inkubasi bisnis dari Indigo Venture yang juga milik Telkom Group. Selain itu ada juga peluang untuk memanfaatkan jaringan pemasaran, distibusi, dan teknologi yang dimiliki Telkom Group.

Registrasi untuk mengikuti kompetisi ini dimulai dari bulan Mei sampai dengan 24 September 2012, semua proposal akan diseleksi untuk mengikuti sesi penjurian final pada bulan Oktober 2012. Informasi lengkap, persyaratan dan hal lain bisa dilihat di Indigofellowship.com.