Sistem utama dari infrastruktur yang baru ini adalah sistem server IBM BladeCenter yang berperforma tinggi dan IBM Storwize V7000 Unified Storage System yang sangat efisien.

IBM hari ini mengumumkan bahwa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta telah mengadopsi pendekatan komputasi pintar IBM terhadap sistem TI untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan layanan yang sangat kolaboratif dan secara signifikan mempercanggih pengalaman mahasiswa secara keseluruhan.

Untuk memenuhi kebutuhan komunitas akademisnya yang terus meningkat, UIN meminta bantuan IBM Global Technology Services (GTS) untuk membangun sebuah infrastruktur komputasi yang lebih pintar. Tujuan teknisnya adalah untuk mengefisiensikan proses pembelajaran, meningkatkan nilai ekonomis dari sistem administrasinya, serta meningkatkan penggunaan sistem komputasi dan penyimpanan data secara keseluruhan.

“Sebuah sistem TI yang kokoh dan skalabel sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan institusi kami. Setelah mengevaluasi semua vendor, kami memutuskan bahwa teknologi IBM adalah pilihan terbaik untuk menjalankan kesulurah sistem TI kami,” tutur Agung Fatwanto, Ketua UPT Pusat Komputer dan Sistem Informasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. “Selain kehandalan dan performanya yang baik, teknologi IBM juga dapat membantu menyederhanakan lingkungan kami dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan institusi kami. Hal ini memberikan hasil yang positif bagi keseluruhan proses adminsitrasi dan pembelajaran di institusi kami dan mendukung tujuan UIN untuk menjadi yang terbaik di bidang akademis maupun profesional dengan mengintegrasikan ilmu pendidkan dan Islam melalui TI,” tambah Agung.

Sistem utama dari infrastruktur yang baru ini adalah sistem server IBM BladeCenter yang berperforma tinggi dan IBM Storwize V7000 Unified Storage System yang sangat efisien. Sistem-sistem ini akan dihubungkan dengan infrastruktur yang sudah dimiliki universitas ini melalui layanan pengintegrasian yang disediakan IBM GTS.

Dirancang dengan server blade yang bertenaga besar, efisien namun hemat ruang, sistem IBM BladeCenter menawarkan penghematan energi yang lebih tinggi dan memerlukan ruang lantai yang lebih kecil dibanding sistem-sistem server konvensional. Solusi-solusi penyimpanan IBM, seperti IBM Storwize V7000, membantu pelanggan mendapatkan lebih banyak manfaat dengan anggaran yang lebih kecil melalui otomasi, virtualisasi penyimpanan yang sebenarnya, dan penyimpanan berbasis awan, selain bisa secara efektif mengelola data yang terus bertambah.

Di samping itu, teknologi IBM System Storage Easy Tier yang dimiliki IBM Storwize V7000 dapat membantu mengoptimalkan efisiensi sistem dengan secara otomatis menempatkan data di tingkat penyimpanan yang paling strategis. Misalnya, data yang paling sering digunakan akan secara otomatis dan dinamis disimpan di tempat yang dapat diakses dengan cepat, sementara data yang jarang digunakan akan disimpan di sistem penyimpanan yang lebih hemat biaya. Semua ini dilakukan tanpa mengganggu aplikasi.

Layanan Jejaring, Situs dan Fasilitas yang ditawarkan IBM GTS difokuskan untuk mendesain, mengimplementasikan dan mengelola lingkungan aplikasi dan jaringan yang dioptimalkan untuk komunikasi bisnis yang terintegrasi – salah satu kebutuhan utama kampus besar seperti UIN Sunan Kalijaga.

Salah satu hasil utama dari infrastruktur TI yang baru ini adalah membangun media e-learning untuk mata kuliah ilmu alam (sains), ilmu rekayasa (teknik) dan ilmu pendidikan. Media ini diluncurkan pada tahun 2012. Teknologi-teknologi tersebut juga telah membantu perguruan tinggi ini secara efektif mengelola penggunaan di saat-saat puncak, seperti ketika masa penerimaan mahasiswa baru, pendaftaran kuliah (pengisian KRS), pengumuman hasil ujian, serta pendaftaran wisuda – dimana ratusan (dan terkadang ribuan) mahasiswa mengakses sistem secara bersamaan.

Infrastruktur TI yang baru ini juga meningkatkan kapasitas administratif UIN, sehingga para mahasiswa dapat memperoleh layanan administrasi secara online tanpa gangguan atau hambatan. Dengan layanan online yang lebih baik, manajemen UIN dapat mengatasi masalah penting lainnya yaitu keterbatasan sumberdaya manusia dan fisik (seperti tempat parkir dan ruangan) di areal kampus.

“Mulai dari New York, Jakarta hingga Beijing, pendidikan adalah mesin pertumbuhan ekonomi,” tutur Fetra Syahbana, Country Manager, Systems & Technology Group, IBM Indonesia. “Ketika kita berbicara tentang sistem transportasi, kota-kota pintar atau energi ramah lingkungan, kita harus memulainya dengan pendidikan. Pendekatan komputasi pintar IBM terhadap TI dapat membantu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mewujudkan tingkat penghematan dan kehandalan yang lebih tinggi, serta performa yang lebih baik dengan biaya yang lebih rendah. Kami sangat yakin bahwa proyek ini akan mendukung UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam upayanya mempercanggih pengalaman mahasiswanya dan populasi kampusnya secara keseluruhan.“